Sabtu, 18 Desember 2010

Pengetahuan Adalah Kekuatan.

Diposting oleh Ayoe Ritma di Sabtu, Desember 18, 2010 3 komentar
Banyak orang mencapai sukses dengan pengetahuan yang dimilikinya. Orang yang memiliki pengetahuan bisa mengelola sumber daya alam, menciptkan teknologi yang berguna untuk menusia dan sebagainya. Tentu pula pengetahuan saja tidaklah cukup sampai pengetahuan tersebut jatuh ke tangan seseorang yang sanggup mengubahnya menjadi kemampuan bertindak, take action. Sekedar pengetahuan saja masih belum lebih dari sedikit diatas mimpi. Karena itulah berhentilah tukbermimpi dan hadipi kenyataan, karena itu sangat penting.

Hatimu adalah Rajamu, Jasadmu adalah Rakyatmu, dan Nafsumu adalah Tentaramu …
Jadilah Raja yang adil dan bijak, agar Rakyat dan Tentaramu tak kan mampu melakukan kudeta atas mu … wahai Raja !
Read More..

Selasa, 14 Desember 2010

Cinta

Diposting oleh Ayoe Ritma di Selasa, Desember 14, 2010 1 komentar
Bila telapak tanganmu berkeringat, hatimu dag dig dug, suaramu bagai tersangkut di tenggorokan, itu bukan cinta tetapi suka…Bila tanganmu tidak bisa berhenti memegang dan menyentuhnya, itu bukan cinta melainkan birahi… Bila kamu menginginkan karena tahu dia akan selalu berada di sampingmu, itu bukan cinta melainkan kesepian…… Bila kamu menerima pernyataan cintanya hanya karena kamu tidak ingin menyakiti hatinya, itu bukan cinta tetapi kasihan…Bila kamu rela memberikan yang kamu sukai demi dia, itu bukan cinta tetapi kemurahan hati…Bila kamu bangga dan selalu ingin memamerkan kepada semua orang, itu bukan cinta tetapii kemujuran…Bila kamu mengatakan kepadanya bahwa Ia adalah satu-satunya yang kamu pikirkan, itu bukan cinta tetapi gombal bener gak yach hehehe Read More..

Senin, 29 November 2010

29 November

Diposting oleh Ayoe Ritma di Senin, November 29, 2010 2 komentar


Biarkan waktu teruslah berputar
Mencintai kamu penuh rasa sabar
Meski sakit hati ini kau tinggalkan
Ku ikhlas ‘tuk bertahan

Cintaku padamu begitu besar
Namun kau tak pernah bisa merasakan
Malah kini kau ucapkan selamat tinggal
Membuat keresahan

Meninggalkanku tanpa perasaan
Hingga ku jatuhkan airmata
Kekecewaan ku sungguh tak berarah
Biarkan ku harus bertahan

Jangan pernah kau coba untuk berubah
Tak relakan yang indah hilanglah sudah
Jangan pernah kau coba untuk berubah
Tak relakan yang indah hilanglah sudah

Jangan pernah kau coba untuk berubah
Ku relakan yang indah dalam hatinya

Sebuah lagu dari salah satu single terbaiknya ST12 terdengan sayup sayup...tepat di Tanggal itu. Dua tahun sudah aku melewatinya.
Lagu itu mengingatkan aku pada seseorang .
Kenangan di tanggal itu begitu melekat dalam ingatanku, tak akan pernah mungkin buat aku lupakan, dari sana aku dapat pelajaran yang begitu berarti.
Dalam sadar mungkin aku telah mengecewakan atau mungkin menyakiti seseorang yang tak berdosa.
Dengan harapan pilihan keluarga merupakan yang terbaik tapi ternyata yang terbaik dalam pandangan kita belum tentu yang terbaik dalam pandangan Allah. Dan Allah pasti punya rencana terbaik buat hambaNya.
Read More..

Sabtu, 30 Oktober 2010

Ikuti Kata Hatimu

Diposting oleh Ayoe Ritma di Sabtu, Oktober 30, 2010 8 komentar
Disadari atau tidak bahwa kita semua pasti memiliki seseorang yang kita idolakan. Saat kita memiliki idola. kita cenderung untuk mengikuti tindakannya dan mengagumi semua hal yang dilakukannya. Namun,pernahkah kita berpikir, mengapa kita mengikuti tindakannya?? Apakah kita ingin sama dengan dia???
Di dunia ini tidak ada manusia yang sempurna, termasuk idola kita. lantas saat idola kita melakukan kesalahan, apakah kita akan mengikutinya??? Saya pikir jawaban anda pasti sama dengan saya, TIDAK. Seorang yang bijak pernah berkata bahwa Tuhan tidak ada di surga, melainkan diam di hati kita masing - masing. saya percaya itu dan merasa bahwa kita harus mengikuti kata hati kita. jadilah pengikut bagi kata hati Anda sendiri, karna hati tak pernah salah.
Read More..

Selasa, 26 Oktober 2010

Jangan Menyerah....!!!!!

Diposting oleh Ayoe Ritma di Selasa, Oktober 26, 2010 14 komentar
Dengan Cinta, semua hal yang tak mungkin pasti menjadi mungkin.

Alkisah Seseorang mengetahui bahwa sisa hidupnya tinggal sebentar lagi. Dia lalu mengadopsi seekor kucing untuk menemaninya selama beberapa bulan ke depan. setelah beberapa bulan, dia membawa kucing itu ke dokter hewan untuk memastikan bahwa sang kucing dalam keadaan sehat. seingkat cerita, ternyata si kucing menderita penyakit mematikan dan hanya memiliki satu tahun lagi untuk hidup.
Sang pemelihara kucing pun pulang ke rumah dengan keadaan sedih dan sangat kecewa, tetapi kucing itu tidak merasakan hal yang sama. Sang pemelihara kucing itu belajar nilai-nilai kehidupan dari kucing. hasilnya luar biasa! Ternyata si pemelihara kucing dan kucing masih bertahan hidup selama 14 tahun, mereka masih hidup berdampingan.
Binatang menanggapi cinta yang diberikan sang pemelihara, hidup untuk saat itu, menunjukan perasaannya, dan tahu caranya menjadi pejuang yang tangguh. Jangan pernah berpikir untuk menyerah dan jangan pernah berhenti mencintai.

Hiduplah untuk saat ini dan mencintailah dengan setiap helaan nafas. Hidup kita akan terasa lebih bermakna dan akan membantu membimbing jalan orang lain.
Read More..

Rabu, 30 Juni 2010

Buatmu Wahai Para Istri Sholelah..

Diposting oleh Ayoe Ritma di Rabu, Juni 30, 2010 17 komentar
Alhamdulillah saya dapat artikel bermanfaat dari salah seorang sahabar FB, makasih bnget ya artikelnya, meski saat ni saya belum sampai pada jenjang tersebut tapi artikel ini sangat bermanfat untuk saya dimasa depan..amin,
Nah kesempatan ini saya ingin berbagi juga buat sahabat bloger, terutama para istri, semoga bisa bermanfaat juga..artikelnya berjudul "Do'a Istri Modal Jihad Suami"
Do’a adalah senjata, do’a adalah bukti begitu kecilnya kita sebagai hamba.
Tidak pantas kita menyombongkan diri karena hanya kepada Allah sajalah
kita memohon pertolongan dan perlindungan.
Apalagi do’a seorang istri kepada suami, seperti kisah Nabi Ayub as.
Ia diuji dengan bencana yang menimpa fisiknya.
Tubuhnya tidak menyisakan satu lobang jarumpun yang sehat.
Tidak ada sesuatupun di dunia ini yang dapat menolongnya, selain istrinya yang
tetap memelihara cintanya karena Allah.
Istrinya selalu melayaninya dan selalu mendo’akan sang suami untuk kesembuhannya,
maka Allah mengabulkan do’anya, memperkenankan permohonannya.
Lalu Allah memerintahkan Nabi Ayub untuk bangkit dan menjejakkan kakinya ke tanah
dan Allah mengeluarkan mata air dari dalam tanah dan menyuruhnya mandi dengan air itu. Lalu, Allah menghilangkan seluruh penyakit yang ada di tubuhnya.
Itulah buah dari do’a istri yang sholehah.
Do’a Perempuan lebih makbul daripada lelaki karena sifat penyayang yang lebih kuat
daripada lelaki, ketika ditanya kepada Rasulullah akan hal tersebut, jawab Baginda,
“Ibu lebih penyayang dari pada Bapa, dan do’a orang yang penyayang tidak akan sia-sia”.
Saya jadi teringat diskusi kecil dimalam hari, suami saya protes karena saya dua
hari kemarin tidak mendo’akannya karena biasanya setiap hari saat berangkat kerja
saya selalu mendo’akan suami tercinta agar dimudahkan segala urusannya dan sebetulnya
ini sudah menjadi kesepakatan bersama waktu syuro malam pertama, memang malam pertama
kami habiskan untuk syuro dari mulai agenda evaluasi proses, panggilan sayang, ekonomikeluarga hingga saling mendo’akan saat berpisah baik itu liqo, rapat atau kegiatan dakwahdan kepergian jihadnya.
Dua hari kemarin saya tidak melakukan ritual perpisahan, soalnya lagi memendam perasaan kecewa dan sebel terhadap suami maklum lagi baby blues kali..kan
kalo habis melahirkan rada sensi. Suami saya menceritakan, ”Ummi dua hari ini tidak do’ain Abi, hari pertama hampir syahid tabrakan hingga spion patah, hari kedua ban pecah hingga dua kali berturut-turut, besok hari ketiga ga apa-apa tidak dido’ain tapi kalo syahid minta di ikhlaskan”.
Saya beristighfar dan terbengong-bengong antara percaya gak percaya dan merasa bersalah juga sampai beliau harus mengalami hal seperti itu.
Apakah sebegitu dahsyatnya keampuhan do’a istri kepada suami.

Kepergian suami di pagi hari dalam rangka mencari nafkah dituliskan sebagai pahala jihad oleh Allah SWT, maka apa salahnya dan seberapa sulitnya sebagai istri melayani dan mempersiapkan segala keperluannya, karena Allah menjanjikan dalam HR Bukhari-Muslim :
“Barang siapa menyiapkan perlengkapan orang yang akan berjihad di jalan Allah,
maka ia pun dinilai seperti orang yang berjihad”.

Nah, para istri yang ingin setiap hari dapat pahala jihad layani suami anda dengan sebaik-baiknya, ingatkan kalo waktunya syuro, liqo, dan kegiatan dakwah lainnya dan jangan lupa antarkan kepergiannya dengan senyuman dan ucapkan do’a :
“Zawadakillahu Taqwa Wa Ghafara Dzanbaki Wa Yasara Laki Haitsu Ma Kunti”
artinya : Semoga Allah menambahkan ketaqwaan kepadamu, mengampuni dosamu dan melancarkan segala urusanmu dimana saja.

Agar suami anda berangkat jihad dengan lapang dan penuh semangat.
Wallahu’alam (Ummu Faiha).
Read More..

Kamis, 17 Juni 2010

Berpelukan Bukan Berarti Negatif

Diposting oleh Ayoe Ritma di Kamis, Juni 17, 2010 24 komentar
Ada kalanya setiap kita mendengar kata pelukan, lebih cenderung terpikir pada hal yang dalam tanda kutip. Tapi setelah baca artikel pendek mengenai pelukan ini, saya jadi terharu..
artikel pendek yang begitu berkesan dan penuh makna, nah kesempatan kali ni saya ingin berbagi artikel tu buat sahabat semua, mungkin diantara sahabat pernah membaca artikel ini, karena ini artikel yang sudah lama, tapi saya baru membacanya...

Ada sebuah kisah mengenai sepasang anak kembar yang baru dilahirkan. Salah satu dari bayi tersebut dilahirkan dengan satu kondisi jantung yang serius dan tidak memungkinkan untuk hidup. Hari-hari berlalu dan kondisi bayi tersebut semakin kritis, bahkan para Dokter sudah tidak dapat bertindak apa-apa lagi, bayi itu hampir mati. Minggu pertama dari kehidupan sepasang bayi kembar yang dilahirkan dua belas minggu lebih awal. Kyrie dan Brielle nama mereka. Karena keadaanya yang prematur, mereka masing-masing ditempatkan dalam inkubator terpisah.
Kyrie, bayi yang lebih besar, cepat sekali bertambah beratnya. Sedangkan bayi yang lain, Brielle, hanya 1 kg beratnya; jantung dan pernapasannya bermasalah; dan harapan hidupnya tipis. Tidak peduli apapun yang dilakukan para perawat,untuk membantu menyelamatkannya, tetap saja Brielle kritis dan gelisah dalam ranjangnya dan jantungnya berdetak cepat sekali.
Kemudian, seorang perawat rumah sakit menempatkan kedua bayi kecil tersebut dalam satu inkubator. Saat mereka ditempatkan bersama, bayi yang lebih sehat melingkarkan tangannya ke tubuh saudarinya dalam suatu pelukan mesra. Beberapa menit berselang, Brielle mulai tenang; detak jantungnya menjadi stabil, suhu badannya pun mulai normal. Setelah beberapa hari, berat Brielle mulai bertambah. Pada akhirnya, kedua bayi, Kyrie dan Brielle, tumbuh sehat dan kuat.


“Pelukan adalah hadiah yang mengagumkan. Ukurannya sama dan pas untuk semua orang. Mudah diberikan dalam berbagai kesempatan.”
Read More..

Sabtu, 12 Juni 2010

Pusing Otak Atik HTML...

Diposting oleh Ayoe Ritma di Sabtu, Juni 12, 2010 12 komentar
Pengen ganti template, tapi sayang pernak perniknya takut ilang semua. Jadine bingung nich...pas lagi bingung mau ngapain, ya udah aku otak atik HTML, nyoba praktekkin tutorial yang dari Kang eNeS. walaaah jelimet, juga ternyata otak atik HTML tuh.... dah mah jelimet eh inet nya malah lemot, sempurna lah penderitaanku hikhikhik...

Teringat ketika aku pengen tambahin tanda tangan di postingan blog, dah berkali di coba tetp juga gagal, dah konsul sama Kang eNeS, tapi masih juga belum bisa,,,jadinya bete.... gak tau kenapa ni teh, apakah emang template blog aku yang bermasalah atau aku nya yang lemot heheh...

Oya jadi keingetan klo aku dapat ewot dari Bu Anni yang belum sempat aku posting...
Ya dah sekalian az mumpung inget n sebelum datang penyakit M alias Males aku pajang ewotnya tuk mempererat silaturahmi antar sahabat blogger... Makasih buat awardnya ya bu...


Ewot ini ku peruntukan pada:
1. Teh Nung
2. Mamang Yoes
3. Wong Sikampuh
Ewot ini ku pajang buat sahabat blogger, sebagai sarana tuk mempererat silaturahmi smoga berkenan.. Semoga berkenan.. silahkan diambil yach...

Read More..

Jumat, 11 Juni 2010

Pemimpin oh Pemimpin.....

Diposting oleh Ayoe Ritma di Jumat, Juni 11, 2010 5 komentar
Pemimpin adalah orang tertinggi dalam satu kelompok. disebut memimpin berarti ada yang dipimpin. ada bawahan yang akan bekerja sama untuk mencapai tujuan yang telah disepakati.
Jabatan pemimpin adalah sebuah amanah. pekerjaan seorang pemimpin merupakan amal shaleh, tentu saja jika ikhlas melakukannya. karena memimpin adalah amanah, maka seorang pemimpin tidak berhak menjadikan kelompok yang dipimpinnya sebagai hak pribadi, sehingga perlu dan wajib untuk memperlakukan kelompoknya tersebut sesuai kehendaknya atau merasa berhak mengorbankan bawahannya dengan berlindung atas nama penyelamatan kelompok.
menjadi pemimpin bukan berarti anti kritik. Bukan pula harus merasa benar sendiri. Sehingga anekdot dalam kepemimpinan akhirnya berlaku: Pemimpin tidak pernah salah. Jika pemimpin bersalah, kembali pada pernyataan pertama...(aduuh egois yach???)
Sungguh sangat menggelikan dengan pernyataan tersebut. Kepemimpinan yang baik bukan berarti tanpa cela dan kesalahan. Pemimpin yang baik bukan berarti selalu benar, Pemimpin adalah manusia biasa, sebagai manusia biasa yang tak sempurna, maih ada celah untuk salah dan lupa. Jadi ada baiknya mendengarkan masukan dan saran bahkan mungkin juga keluhan dan harapan dari bawahan, tak ada salahnya kan??Jika sebagai pemimpin yang mengharapkan ketaatan yang kritis yang cerdas dari bawahannya, bukan ketaatan yang mengkhawatirkan, maka tentunya harus memberikan teladan yang baik kepada bawahannya. bagaimanapun juga, pemimpinlah yang seharusnya dan punya kewajiban memberikan teladan, karena seorang pemimpin lebih mungkin dijadikan teladan. seorang yang memimpin pasti pada umumnya lebih baik dari orang kebanyakan. lebih baik semangatnya, lebih baik ilmunya, lebih baik kesabarannya dan lebih baik pula segalanya.
Seorang pemimpin dikatakan telah gagal dan kepemimpinannya dikategorikan mengkhawatirkan adalah ketika seorang pemimpin tak mampu memimpin bawahannya. bahkan lebih memilih bermusuhan dengan bawahannya yang berbeda sikap dan pendapat dengannya, ketimbang berusaha duduk bersama dan melakukan dengar pendapat dengan bawahannya yang bersebrangan itu.

Seorang bawahan bukan hanya ingin bersama tapi juga bersatu, bukan hanya ingin dianggap bilangan tapi juga diperhitungkan...
Read More..

Rabu, 26 Mei 2010

PeeR Yang Tertunda...

Diposting oleh Ayoe Ritma di Rabu, Mei 26, 2010 9 komentar
Kebisaan lama yang kumat lagi, penyakit M (Males) hehehe... susah banget klo penyakit tu lagi lagi bersarang padaku. Tapi kini aku berusaha buat melawannya, kaya perang aja nich...
setelah beberapa lama nyungsep di kemalasan kini aku hadir tuk mengerjakan Peer yang tertunda dari Bu Annie, maaf bu peernya baru dikerjakan sekarang...

1. Apakah nama profile blog-mu? Apa artinya?
Ritma, Tu diambil dari nama depanku Ritma Rahayu, Ritma diambil dari Ritme, yang artinya irama, Rahayu artinya keselamatan,,, so Ritma Rahayu..mungkin irama yang membawa pada keselamatan keselamatan..amiiin..

2. Apakah nama blog-mu, apa artinya dan mengapa dinamakan seperti itu?
Blog ini kunamai 'Persahabatan Latansa'. Latansa diambil dari bahasa Arab artinya tidak terlupakan. Kenapa nama itu yang aku ambil,,?? itu karena ketika masih SMA, aku punya tujuh orang sahabat terbaik, yang sampai saat ni masih solid meski sudah punya kesibukan masing-masing.. mereka sahabat yang tidak bisa dan tidak akan terlupakan.

3. Sejak kapan mulai tertarik untuk membuat karya tulisan?
sejak kapan?????? yang pasti seletah banyak cerita sama Bu Annie, jadi tersupport buat belajar nulis, tapi belum bisa menghasilkan karya tulisan yang bagus, cuma sebatas tulisan kecil az.

4. Apa motifasimu membuat blog ini?
Belajar tuk menjadi seorang penulis, mencari teman baru di blogspot..

5. Siapa yang menginspirasimu untuk membuat blog?
Teman kantorku, Bu Annie, makasih banyak bu...

6. Siapa-siapa teman bloger yang mengajari dan membantumu membuat blog? (say something for appreciation)
Awalnya belajar dari buku, otak-atik sendiri. Kemudian share dengan Bu Annie dan ikuti tutorial dari Kang eNeS. Bu Annie dan Kang Enes makasih atas segala transferan ilmunya...

7. Sekarang sudah punya berapa blog? Apa aja?
Cuma satu, ni juga kadang sering malesnya hehe

8. Pertanyaan-pertanyaan di atas dihibahkan kepada
Sebagai ungkapan selamat datang, aku hibahkan saja tag ini kepada Bu Lina hehe ... Semoga tidak memberatkan ...
Read More..

Jumat, 14 Mei 2010

Villa Tak Berlampu (Uji SIM Sebenarnya Part II)

Diposting oleh Ayoe Ritma di Jumat, Mei 14, 2010 18 komentar
Waktu berlalu terasa begitu cepat. Sehabis Isya, aku bersama rombongan bermotor memasuki sebuah ruangan yang disediakan salah seorang teman kerja yang menjadi tuan rumah saat itu, di ruangan tersebut kami makan bersama.. gara-gara keujanan jadi bawaannya lapar terus hehehe... satu jam setelah itu, melanjutkan perjalanan menuju sebuah villa di pesisir pantai putih di daerah Gunung Sulah.. Sudah terbayangkan betapa indahnya, sehingga kami pun bersemangat untuk segera berangkat.

Citeureup, jam 19.20 WIB
Kami melanjutkan perjalanan menuju pantai dengan semua rombongan, ketika itu hujan masih belum juga berhenti, saya dan beberapa orang teman melanjutkan perjalanan menuju villa dengan bermotor dan sebagian lagi menggunakan mobil. Ketika diperjalanan sebagian dari rombongan memasuki POM bensin, dan sebagian lagi melanjutkan perjalanan, karena hujan deras akhirnya aku pindah ikut ke mobil, motor aku titipkan sama temen.
Aku pikir villa yang akan di tuju itu dekat ternyata.... jauuuhnya minta ampun...mana jalan yang dilaluinya ancur banget...banyak lubang - lubang dijalanan. selain itu jalannya pun gelap sekali karena di daerah sana belum ada penerangan. karena perjalanan menuju villa gak juga sampai akhirnya sebagian teman-temanku memutuskan untuk tidak meneruskan perjalanan,karena perjalanan yang tak kunjung sampai dan situasi jalan yang mengerikan, mereka memilih untuk menginap di penginapan. Cuma satu mobil dan empat motor yang tetap melanjutkan perjalanan menuju villa termasuk aku didalamnya. Setelah perjalanan panjang akhirnya kami pun menemukan villa yang dituju. Ternyata hmmmmmm....... villanya gelap gulita, membuat kami takut, karena disana belum ada penerangan dan kebetulan generator yang biasa dipakai untuk menerangi disana sedang dibawa ke kota. Ingin rasanya kami balik lagi mengikuti teman - teman lain yang menginap di penginapan, tapi mempertimbangkan perjalanan yang mengerikan akhirnya kami menguatkan diri untuk tetap bertahan di villa tak berlampu tersebut. Suara deburan ombak dan hembusan angin laut menambah seram suasana. Untungnya bebrapa orang diantara kami ada yang membawa lilin, lumayan lah buat penerangan...
Semalaman kami terjaga, gak bisa tidur... ingin rasanya pagi segera muncul..Setelah berjam-jam terlewati akhirnya Subuh tiba, kami menarik nafas lega, akhirnya malam yang menyeramkan terlewati..
Perlahan-lahan hari mulai terang, laut, pantai mulai terlihat indah.
Sehabis sholat subuh, untuk aku bersama teman mulai menjelajahi lingkungan villa... Subhanallah ternyata yang semalam menakutkan, kini terlihat begitu indah dengan birunya laut, hijaunya pepohonan, dilengkapi dengan hembusan angin pantai dan debur ombak yang mempesona... Ya Rabb betapa indah ciptaan Mu ini..
Dipantai itu kami pun menghabiskan pagi yang indah, kami bermain pasir dan mencari umang..
Ada beberapa hasil jepretannya...maklum bukan fotographer jadi gak fokus hehe...tpi lumayan lah buat kenang kenangan heheheh (^_^)


Mo pulang nich....


Abis nyari umang..... kaya orang yang terdampar yach hehehe



Suasana sebelum mentari terbit..



Read More..

Senin, 10 Mei 2010

Uji SIM sebenarnya...

Diposting oleh Ayoe Ritma di Senin, Mei 10, 2010 21 komentar
Garut, 08 Mei 2010, jam 10.30
Cuaca mendung, membuatku khawatir acara hari itu batal. Pameungpeuk salah satu kecamatan di Garut, yang tekenal dengan pantai dan kulak kelok jalannya. Kesanalah tujuanku hari tu. Terbayang sebuah perjalanan langka bersama teman kerja yang menyenangkan. Persiapan yang tidak maksimal membuat jadwal sedikit molor, tapi alhamdulillah akhirnya berangkat juga.
Perjalanan awal melewati Samarang, huuuhft salah jalur, niatnya mau ngambil jalur terdekat yang ada malah jalur jauh...sehingga aku bersama beberapa teman terpisah dari rombongan. Belum seperempat perjalanan hujan turun dengan begitu lebatnya, kami pun berteduh di pinggir jalan.. Tiba-tiba kriiiiiiing telpon genggam teman ku berbunyi, salah seorang teman dari rombongan lain mengabarkan, mereka sudah sampai di daerah Cikajang, tepatnya di Mesjid Harun Ar-Rasyid,sehingga kami pun melanjutkan perjalanan menembus hujan menuju sana.

Cikajang, Mesjid Harun Ar-Rasyid, jam 13.00
Setelah sholat dan istirahat sejenak, walaupun hujan tak berhenti, dingin mencucuk tulang membuat aku lebih bersemangat melanjutkan perjalanan. ini kesempatan langka buat bisa touring bareng, juga merupakan pengalaman pertama saya melakukan perjalanan jauh membawa kendaraan sendiri.

Cihideung, jam 14.00
Hampir seperdua perjalanan telah aku lalui, kelokan-kelokan pun berhasil aku lewati. dan mulai terasa perutku keroncongan, aku dan rombongan berhenti di sebuah rumah makan khas Sunda, yang terkenal dengan Ayam Kampung asli... Hmmm....mantap.
Gara-gara lapar yang tak tertahankan, kedewasaan kami hilang, lucunya salah seorang teman ku berebut ayam goreng, makanan pun habis tak bersisa...heheh malu-maluin.. (^_*)
Habis perut kami kenyang kami melanjutkan sisa perjalanannya. Ujan gak berhenti juga, hawa dingin dengan segera menjalari wajah, lengan dan kaki ku. Disebuah salah satu tikungan tajam, kabut tebal tampak menyelimuti jalan sehingga kami pun mengurangi kecepatan kendaraan masing-masing.
Jalur disinalah uji SIm yang sebenarnya.... Tikungan - tikungan tajam yang licin dan berkabut alhamdulillah berhasil dilewati dengan selamat.
Tepat jam 16.00 kami sampai di tempat tujuan, dengan badan basah kuyup keujanan... tapi asyik juga sich...(^_^)
Read More..

Rabu, 28 April 2010

Buatmu ibu

Diposting oleh Ayoe Ritma di Rabu, April 28, 2010 17 komentar
Ku lihat butir air mata memenuhi pelupuk matamu
saat kau lantunkan bait-bait kasih sayang
kepada buah hatimu
Tak ada kata dapat ku ucapkan
ku hanya bisa diam membisu
ibu ......
betapa mulyanya engkau
dengan kesabaran dan kasih sayang mu
Aku tumbuh dewasa
Read More..

Kamis, 22 April 2010

Ketika Berbagi Itu Indah...

Diposting oleh Ayoe Ritma di Kamis, April 22, 2010 7 komentar
Manusia ditaruh didalam hatinya oleh Tuhan kerinduan untuk senantiasa berbagi. Kata orang berbagi merupakan pengorbanan dan kerelaan untuk memberi, semakin banyak memberi, semakin tidak akan merasa kekurangan.

Namun sayangnya akibat perkembangan zaman yang semakin maju,mengakibatkan pergeseran moral yang telah membawa sebagian orang pada keindahan lain yang sifatnya semu, keindahan dalam mengambil bukan untuk memberi.

Berbagi bukanlah tampak bungkus dri luar saja, melainkan sesuatu yang berasal dari dalam diri. itulah sebabnya ketika seseorang berbagi dengan orang lain sebaiknya tidak diketahui oleh orang lain. Cukup diketahui oleh orang yang menerima perhatian dan kasih kita, serta Sang Khalik yang melihat hati yang tulus untuk berbagi...

Setelah beberapa minggu off, saya jadi teringat masih punya amanat dari sahabat-sahabat blogger tuk berbagi award, nah sekarang mungkin saat yang tepat sebelum saya lupa atau terkena virus bad mood lagi.. pada kesempatan ini saya pajang award-awar dari sahabat.

Ni award dari
Mbak Nineta



yang ini dari Shasa putrinya Mbak Reni



Ni award dari
Bu Annie




Award ini buat siapa saja yang mampir disini dan belum memiliki award ini saya persilakan untuk membawanya.


Read More..

Sabtu, 03 April 2010

Pe_ER dari Bu Annie....

Diposting oleh Ayoe Ritma di Sabtu, April 03, 2010 12 komentar
Sudah lama gak posting - posting di Blog ternyata kangen juga..... tapi pas mo posting bingung mau posting apa belum dapat inspirasi (heheheh..gaya nya pake inspirasi..) sampe award dari sahabat pun pun belum dapat saya bagikan.
Tapi pas liat di shoutbox saya dikasih Pe_Er dari Bu Annie, alhamdulillah jadi bisa posting lagi heheh...
Bu saya tunaikan tugas nya ni
  1. Siapakah diri anda di rumah ? ---> siapa yach aduh jadi bingung juga, saya adalah seorang anak sulung yang mempunyai dua adik perempuan,yang harus bisa membimbing dan menjadi teman curhat mereka.
  2. Siapakah diri anda menurut teman-teman anda ? ---> katanya saya teman yang rame mudah akrab, tapi sering gak bisa tegas.
  3. Sebutkan 5 benda yang diidamkan tetapi belum tercapai --->
    lima Benda yach????1. Punya pekerjaan yang mapan 2. Rumah sendiri 3. Mobil sendiri 4. Yayasan pendidikan sendiri 5. Rumah Singgah
  4. Siapakah nama pasangan anda ? ---> Duuuh maaf belum bisa di expose sekarang takut gak jadi hehehe.... ("A maaf yach bukan maksud gak mengakui keberadaanmu heheh")
  5. Ceritakan 5 hal yang paling anda suka tentang pasangan anda ---> Pengertian, Tepat waktu, Konsisten terhadap janji, Kocak, Enak diajak diminta pendapat
  6. Kapan anda menikah ? --->mudah-mudahan secepatnya amiiin...
  7. Apa kenangan pahit anda bersama pasangan anda ? ---> Alhamdulillah .... selama kebersamaan kami belum dan mudah - mudahan tidak ada kenangan pahit.
  8. Lagu tema cinta anda ? ---> Rindu Setengah Mati (D'masiv)
  9. Perubahan apa yang ingin anda lihat dari pasangan anda ? ---> pakaian yang sering selengean, tapi yang lainnya insyaallah dia pengganti yang terbaik yang Allah berikan.
  10. Tag 10 teman yang lain ---> mereka yang beruntung mendapatkan tag dariku adalah : mbak Elsa , Fi_kanvas , Mbak Nura , Aulawi Ahmad , Willyo , Nineta, Mas Goen, Rahmatea, Mas Munir, Mas Harto
Semoga tidak merepotkan ...
Terima kasih.

Read More..

Senin, 08 Maret 2010

Kisah Sebuah Kerang

Diposting oleh Ayoe Ritma di Senin, Maret 08, 2010 32 komentar
Terdapat sebuah kerang di tepi pantai.
Yang terkejut pada suatu hari, karena pasir laut berwarna putih, yang terhempas pada tubuhnya.

Memanglah hanya butiran kecil saja, tapi sang kerang merasa kesakitan, dan rasa sakit itu datang terus menerus. Tetapi, adakah kerang yang kesakitan itu berteriak, menjerit dan menyalahkan takdir buruknya?atas pasir yang terhempas ke dalam tubuhnya???

Jawabannya adalah tidak!!
Sang kerang berpikir, karena aku tak mampu mengeluarkan pasir itu. Maka aku harus bertahan dan membuat pasir itu menjadi sesuatu yang berguna.
Hingga suatu ketika telah sampai pada ajalny, untuk dimasak, direbus sebagai santapan manusia.

Andai saja sang kerang tahu mungkin ia akan tersenyum.
Mengetahui pasir yang menyakitkan saat itu, telah berubah menjadi mutiara yang berkilau indahnya. sang kerang telah mampu mengubah benda kecil yang menyakitkan dirinya menjadi sesuatu yang indah pada akhirnya.

Kisah Kerang tersebut, memberikan pelajaran pada kita semua. Mampukah kita berbuat hal yang sama????

Sumber: Untaian KAta Penuh Makna
Read More..

Selasa, 02 Maret 2010

Ya Rabb... Ampuni Aku

Diposting oleh Ayoe Ritma di Selasa, Maret 02, 2010 26 komentar
Hari itu begitu panas. Dalam sebuah angkot aku melihat seorang dengan paras cantik, Aku berpikir andaikan aku secantik dirinya, ketika dia hendak turun dia tidak bisa berjalan normal, dia hanya memiliki satu kaki dan menggunakan tongkat penyangga. tetapi ketika dia melihatku dia tersenyum begitu manisnya.
Ya Rabb, ampuni aku ketika aku tidak bersyukur, aku memiliki dua kaki dan bisa berjalan dengan normal.

Aku berhenti di depan sebuah pangkalan ojek. Ada anak laki-laki membawa permen, dia sangat lucu. Ngobrol sebentar dengannya dan dia sangat bahagia. ketika aku hendak meninggalkannnya dia lalu berkata padaku,
"Terima kasih, mau menyapaku, tidak semua orang mau menyapaku karena aku buta".
Ya Rabb, ampuni aku ketika aku tidak besyukur. Aku memiliki sepasang mata, dunia ini miliku.

Dengan dua kakiku,aku meneruskan perjalananku.
Dengan kedua mataku, aku melihat kilau sinar matahari.
Ya Allah ampuni aku ketika aku tidak bersyukur.

Aku memiliki segalanya dalam ragaku,
Dunia ini miliku,
Benar kata orang...
Bahwa kita tidak menyadari apa yang kita miliki, hingga milik kita di ambil oleh-Nya.
Dan kita tidak menyadari apa yang pernah hilang, hingga Allah memberikan hal itu pada kita!

Astagfirullahaladzim...

Read More..

Sabtu, 27 Februari 2010

Cinta

Diposting oleh Ayoe Ritma di Sabtu, Februari 27, 2010 14 komentar
Cinta membuatku sebagai tawanan dari kata-kata dan bahasa
Cinta adalah bara api yang melalap hati manusia
Detik demi detik berlalu seolah hanya ada satu peristiwa

Yang terindah yang kini hanya bisa dikenang
Sampai kapankah duhai manusia
Hingga kapankah, duhai semesta

Kau siksa aku dengan rasa ini..
Duhai cinta kau berhasil membuat aku luluh diam tak terkata


Garut, Desember 2009

Read More..

Rabu, 17 Februari 2010

Bangunlah Jembatan....Jangan Tembok

Diposting oleh Ayoe Ritma di Rabu, Februari 17, 2010 15 komentar
Bangunlah Jembatan....Jangan Tembok..

Tulisan itu begitu jelas saya lihat disebuah jalan, sehingga mengingatkan saya pada seseorang yang telah mengirimi saya sebuah email,yang berisi tentang sebuah kisah yang dapat menyadarkan saya, sebut saja "Mr. I".
kisahnya sengaja saya posting, semoga bisa bermanfaat buat sahabat blog semua..

Alkisah ada dua orang kakak
beradik yang hidup di sebuah desa. Entah karena apa mereka terjebak ke dalam suatu pertengkaran serius. Dan ini adalah kali pertama mereka bertengkar demikian hebatnya.

Padahal selama 40 tahun mereka hidup rukun berdampingan. Saling meminjamkan peralatan pertanian. Dan bahu membahu dalam usaha perdagangan tanpa mengalami hambatan. Namun kerjasama yang akrab itu kiniretak.

Dimulai dari kesalahpahaman yang sepele saja. Kemudian berubah menjadi perbedaan pendapat yang besar. Dan akhirnya meledak dalam bentuk caci-maki.

Beberapa minggu sudah berlalu,mereka saling berdiam diri tak bertegur-sapa.
Suatu pagi, datanglah seseorang mengetuk pintu rumah sang kakak. Di depan pintu berdiri seorang pria membawa kotak perkakas tukang kayu.

"Maaf tuan, sebenarnya saya sedang mencari pekerjaan?" kata pria itu dengan ramah. "Barangkali tuan berkenan memberikan beberapa pekerjaan untuk saya selesaikan?"
"Oh ya ?!" jawab sang kakak.
"Saya punya sebuah pekerjaan
untukmu. Kau lihat ladang pertanian di seberang sungai sana . Itu adalah rumah tetanggaku, ah sebetulnya ia adalah adikku. Minggu lalu ia mengeruk bendungan dengan bulldozer lalu mengalirkan airnya ke tengah padang rumput itu sehingga menjadi sungai
yang memisahkan tanah kami.

Hmm, barangkali ia melakukan itu
untuk mengejekku, Tapi aku akan membalasnya lebih setimpal. Di situ ada gundukan kayu. Aku ingin kau membuat pagar setinggi 10 meter untukku,sehingga aku tidak perlu lagi melihat rumahnya. Pokoknya, aku ingin melupakannya!!".
Kata tukang kayu, "Saya mengerti. Belikan saya paku dan peralatan.
Akan saya kerjakan sesuatu yang bisa membuat tuan merasa senang."

Kemudian sang kakak pergi ke kota untuk berbelanja berbagai kebutuhan dan menyiapkannya untuk si tukang kayu.

Setelah itu ia meninggalkan tukang kayu bekerja sendirian. Sepanjang hari tukang kayu bekerja keras, mengukur, menggergaji dan memaku. Di sore hari, ketika sang kakak petani itu kembali, tukang kayu itu baru saja menyelesaikan pekerjaannya. Betapa terbelalaknya ia begitu melihat hasil pekerjaan tukang kayu itu. Sama sekali
tidak ada pagar kayu sebagaimana yang dimintanya.

Namun, yang ada adalah jembatan melintasi sungai yang menghubungkan ladang pertaniannya dengan ladang pertanian adiknya.
Jembatan itu begitu indah dengan undak-undakan yang tertata rapi.

Dari seberang sana , terlihat sang adik bergegas berjalanmenaiki jembatan itu dengan kedua tangannya terbuka lebar.

"Kakakku, kau sungguh baik hati mau membuatkan jembatan ini. Padahal sikap dan ucapanku telah menyakiti hatimu. Maafkan aku." kata sang adik pada kakaknya.
Dua bersaudara itu pun bertemu di tengah-tengah jembatan, saling berjabat tangan dan berpelukan. Melihat itu, tukang kayu pun membenahi perkakasnya dan bersiap-siap untuk pergi.

"Hai, jangan pergi dulu. Tinggallah beberapa hari lagi. Kami mempunyai banyak pekerjaan untukmu,"pinta sang kakak.

"Sesungguhnya saya ingin sekali tinggal di sini", kata tukang kayu, "Tapi masih banyak jembatan lain yang harus saya selesaikan."

Sadarkah kita:

Kita dilahirkan dengan dua mata di depan, karena seharusnya kita melihat yang ada di depan.
Kita lahir dengan dua telinga, satu kiri dan satu di kanan sehingga kita dapat mendengar dari dua sisi dan dua arah. Menangkap pujian maupun kritikan, dan mendengar
mana yang salah dan mana yang benar.

Kita dilahirkan dengan otak tersembunyi di kepala, sehingga bagaimanapun
miskinnya kita, kita tetap kaya. Karena tak seorang pun dapat mencuri isi otak kita. Yang lebih berharga dari segala permata yang ada.

Kita dilahirkan dengan dua mata, dua telinga, namun cukup dengan satu mulut, karena mulut tadi adalah senjata yang tajam. Yang dapat melukai, memfitnah, bahkan membunuh(jumlah mulut hanya 1 lebih sedikit dibandingkan jumlah mata dan telinga yg masing2 ada 2buah/kanan & kiri) karena itu selayaknya kita Lebih baik sedikit bicara, tapi banyak mendengar dan melihat.

Kita dilahirkan dengan satu hati, yang mengingatkan kita untuk menghargai dan memberikan cinta kasih dari dalam lubuk hati.

Belajar untuk mencintai dan menikmati untuk dicintai, tetapi jangan pernah mengharapkan orang lain mencintai Anda dengan cara dan sebanyak yang sudah Anda berikan.

Berikanlah cinta tanpa mengharapkan balasan, maka Anda akan menemukan bahwa hidup ini terasa menjadi lebih indah.

NB: Mr. I, makasih atas semua masukan, motivasi yang telah kamu berikan, kau buat ku mengerti semuanya...
Read More..

Sabtu, 13 Februari 2010

Fenomena Valentine's Day

Diposting oleh Ayoe Ritma di Sabtu, Februari 13, 2010 3 komentar
Setiap tanggal 14 Februari remaja dunia pasti sibuk dengan perayaan besar. Mereka gelar acara besar dengan merayakan sebuah hari yang dikenal dengan Valentine’s Day (hari Valentine).Yang kini membudaya.

Apa sebenarnya Valentine’s Day itu?
Apakah perayaan itu bagian dari kultur dan peradaban Islam sehingga kita harus ikut menyemarakkannya?
Nah alhamdulillah buat sahabat - sahabat semua biar gak bingung dan salah langkah, saya dapat pesan dari teman FB, mengenai apa dan bagaimana Valentine's day itu? ini lho paparannya.. semoga bermanfaat

Background Historis Valentine’s Day

Ada berbagai versi tentang asal muasal Valentin’s Day ini. Beberapa ahli mengatakan bahwa ia berasal dari seorang yang bernama Saint (Santo) Valentine, seorang yang dianggap suci oleh kalangan Kristen, yang menjadi martir karena menolak untuk meninggalkan agama Kristiani. Dia meninggal pada tanggal 14 Februari 269 M., pada hari yang sama saat dia mengungkapkan ucapan cinta. Dalam legenda yang lain disebutkan bahwa Saint Valentine meninggalkan satu catatan selamat tinggal kepada seorang gadis anak sipir penjara yang menjadi temannya. Dalam catatan itu dia menuliskan tanda tangan yang berbunyi From Your Valentine. Ada pula yang menyebutkan bahwa bunyi pesan akhir itu adalah Love From Your Valentine.

Cerita lain menyebutkan bahwa Valentine mengabdikan dirinya sebagai pendeta pada masa pemerintahan Kaisar Claudius. Claudius kemudian memenjarakannya karena dia menentang Kaisar. Penentangan ini bermula pada saat Kaisar berambisi untuk membentuk tentara dalam jumlah yang besar. Dia berharap kaum lelaki untuk secara suka rela bergabung menjadi tentara. Namun, banyak yang tidak mau untuk terjun ke medan perang. Mereka tidak mau meninggalkan sanak familinya. Peristiwa ini membuat kaisar naik pitam. Lalu apa yang terjadi? Dia kemudian menggagas ide “gila”. Dia berpikiran bahwa jika laki-laki tidak kawin, mereka akan bergabung menjadi tentara. Makanya, dia memutuskan untuk tidak mengizinkan laki-laki kawin.

Kalangan remaja menganggap bahwa ini adalah hukum biadab. Valentine juga tidak mendukung ide gila ini. Sebagai seorang pendeta, dia bertugas menikahkan lelaki dan perempuan. Bahkan, setelah pemberlakuan hukum oleh kaisar, dia tetap melakukan tugasnya ini dengan cara rahasia dan ini sungguh sangat mengasyikkan. Bayangkan, dalam sebuah kamar hanya ada sinar lilin dan ada pengantin putra dan putri serta Valentine sendiri. Peristiwa perkawinan diam-diam inilah yang menyeret dirinya ke dalam penjara dan akhirnya dijatuhi hukuman mati.

Walaupun demikian, dia selalu bersikap ceria sehingga membuat beberapa orang datang menemuinya di dalam penjara. Mereka menaburkan bunga dan catatan-catatan kecil di jendela penjara. Mereka ingin dia tahu bahwa mereka juga percaya tentang cinta dirinya. Salah satu pengunjung tersebut adalah seorang gadis anak sipir penjara. Dia mengobrol dengannya berjam-jam. Di saat menjelang kematiannya dia menuliskan catatan kecil: Love from your Valentine. Dan pada tahun 496 Paus Gelasius menyeting 14 Februari sebagai tanggal penghormatan untuk Saint Valentine. Akhirnya secara gradual 14 Februari menjadi tanggal saling menukar pesan kasih, dan Saint Valentine menjadi patron dari para penabur kasih. Tanggal ini ditandai dengan saling mengirim puisi dan hadiah, seperti bunga dan gula-gula. Bahkan, sering pula ditandai dengan adanya kumpul-kumpul atau pesta dansa.

Dari paparan di atas kita tahu bahwa kisah cinta Valentine ini merupakan kisah cinta milik kalangan Kristen dan sama sekali tidak memiliki benang merah budaya dan peradaban dengan Islam. Namun, mengapa remaja-remaja Muslim ikut larut dan merayakannya? Ada beberapa jawaban yang bisa kita berikan terhadap pertanyaan tersebut. Pertama, kalangan remaja Muslim tidak tahu latar belakang sejarah Valentine’s Day, sehingga mereka tidak merasa risih untuk mengikutinya. Dengan kata lain, remaja Muslim banyak yang memiliki kesadaran sejarah yang rendah. Kedua, adanya anggapan bahwa Valentine’s Day sama sekali tidak memiliki muatan agama dan hanya bersifat budaya global yang mau tidak mau harus diserap oleh siapa saja. Ketiga, keroposnya benteng pertahanan relijius remaja Muslim sehingga tidak mampu lagi menyaring budaya dan peradaban yang seharusnya mereka “lawan” dengan keras. Keempat, adanya perasaan loss of identity kalangan remaja Muslim sehingga mereka mencari identitas lain sebagai pemuas keinginan mendapat identitas global. Kelima, hanya mengikuti tren yang sedang berkembang agar tidak disebut ketinggalan zaman. Keenam, adanya pergaulan bebas yang kian tak terbendung dan terjadinya de-sakralisasi seks yang semakin ganas. Mungkin masih ada deretan jawaban lain yang bisa diberikan terhadapa pertanyaan di atas.

Islam, Valentine’s Day, dan Cinta

Bisa kita lihat pada bahasan di atas bahwa Valentine’s Day merupakan peringatan “cinta kasih” yang diformalkan untuk mengenang sebuah peristiwa kematian seorang pendeta yang mati dalam sebuah penjara. Yang kemudian diabadikan oleh gereja lewat tangan Paus Gelasius. Maka, merupakan sebuah kurang cerdas jika kaum Muslim dan secara khusus kalangan remajanya ikut melestarikan budaya yang sama sekali tidak memiliki ikatan historis, emosioal, dan religius dengan mereka. Keikutsertaan remaja Muslim dalam “hura-hura” ini merupakan refleksi sebuah kekalahan dalam sebuah pertarungan mempertahankan identitas dirinya. Mungkin ada sebagian remaja yang akan bertanya: Kenapa memperingati sebuah tragedi cinta itu tidak boleh dilakukan? Apakah Islam melarang cinta kasih? Bukankah Islam menganjurkan pemeluknya kasih kepada sesama?

Tak ada yang menyangkal bahwa Islam tidak melarang cinta kasih. Islam sendiri adalah agama kasih dan menjunjung cinta kepada sesama. Dalam Islam cinta demikian dihargai dan menempati posisi sangat terhormat, kudus, dan sakral. Islam sama sekali tidak phobi terhadap cinta. Islam mengakui fenomena cinta yang tersembunyi dalam jiwa manusia. Namun demikian, Islam tidak menjadikan cinta sebagai komoditas yang rendah dan murahan. Cinta yang merupakan perasaan jiwa dan gejolak hati yang mendorong seseorang untuk mencintai kekasihanya dengan penuh gairah, lembut, dan kasih sayang dalam Islam dibagi menjadi tiga tingkatan yang kita tangkap dari ayat Al-Quran. “Katakanlah: Jika bapak-bapakmu, anak-anakmu, saudara-saudaramu, istri-istrimu, kerabat-kerabatmu, harta kekayaan yang kamu usahakan, perniagaan yang kamu khawatirkan kerusakannya, dan rumah-rumah tempat tinggal yang kamu senangi lebih kau cintai daripada Allah dan Rasul-Nya serta jihad di jalan-Nya, maka tunggulah hingga Allah mendatangkan keputusan-Nya. Dan Allah tidak memberikan petunjuk kepada orang-orang yang fasik.” (At-Taubah: 24).

Dalam ayat ini menjadi jelas kepada kita semua bahwa cinta yang utama adalah cinta kepada Allah, Rasul-Nya, dan jihad di jalan-Nya. Inilah yang disebut dengan cinta hakiki. Cinta hakiki akan melahirkan pelita. Cinta hakiki yang dilahrikan iman akan senantiasa memberikan kenikmatan-kenikmatan nurani. Cinta hakiki akan melahirkan jiwa rela berkorban dan mampu menundukkan hawa nafsu dan syahwat birahi. Cinta akan menjadi berbinar tatkala orang yang memilikinya mampu menaklukkan segala gejolak dunia. Cinta Ilahi akan menuntun manusia untuk hidup berarti.

Islam memandang cinta kasih itu sebagai rahmat. Maka, seorang mukmin tidak dianggap beriman sebelum dia berhasil mencintai saudaranya laksana dia mencinta dirinya sendiri (HR Muslim). “Perumpamaan kasih sayang dan kelembutan seorang mukmin adalah laksana kesatuan tubuh; jika salah satu anggota tubuh terasa sakit, maka akan merasakan pula tubuh yang lainnya: tidak bisa tidur dan demam.” (Bukhari dan Muslim). Seorang Mukmin memiliki ikatan keimanan sehingga mereka menjadi laksana saudara (Al-Hujarat: 13), dan cinta yang meluap sering kali menjadikan seorang Mukmin lebih mendahulukan saudaranya daripada dirinya sendiri, sekalipun mereka berada dalam kesusahan (Al-Hasyr: 9).

Di mata Islam mencintai dan dicintai itu adalah “risalah” suci yang harus ditumbuhsuburkan dalam dada setiap pemeluknya. Makanya Islam menghalalkan perkawinan. Islam tidak menganut “selibasi” yang mengebiri fitrah manusia, seperti yang terjadi dalam ajaran Kristen dan Hindu serta Budha yang menganut sistem sosial yang dikenal dengan kependetaan. Sebab, memang tidak ada rahbaniyah dalam Islam.

Valentine’s Day yang merupakan ungkapan kasih yang bukan bagian dari agama kita, juga saat ini dirayakan dengan menonjolkan aksi-aksi permisif, dengan lampu remang, dan lilin-lilin temaram. Meniru perilaku agama lain dan sekaligus melegalkan pergaulan bebas inilah yang tidak dibenarkan dalam pandangan Islam.

Merayakan Valentine Sama Artinya Meniru-niru Orang Kafir
Rasulullah SAW bersabda:
مَنْ تَشَبَّهَ بِقَوْمٍ فَهُوَ مِنْهُمْ
“Barangsiapa yang menyerupai suatu kaum, maka dia termasuk bagian dari mereka.” (HR. Ahmad dan Abu Dawud. Syaikhul Islam dalam Iqtidho’ [hal. 1/269] mengatakan bahwa sanad hadits ini jayid/bagus. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shohih sebagaimana dalam Irwa’ul Gholil no. 1269).

• Menghadiri Perayaan Orang Kafir Bukan Ciri Orang Beriman
Allah SWT berfirman:
وَالَّذِينَ لَا يَشْهَدُونَ الزُّورَ وَإِذَا مَرُّوا بِاللَّغْوِ مَرُّوا كِرَامًا
“Dan orang-orang yang tidak menyaksikan perbuatan zur, dan apabila mereka bertemu dengan (orang-orang) yang mengerjakan perbuatan-perbuatan yang tidak berfaedah, mereka lalui (saja) dengan menjaga kehormatan dirinya.” [QS. Al-Furqaan (25) : 72]

Read More..

Selasa, 09 Februari 2010

20 Kiat Memotivasi Diri

Diposting oleh Ayoe Ritma di Selasa, Februari 09, 2010 17 komentar
Hari ini adalah mikrokosmos dari hari-hari berikutnya dan merupakan bentuk mini dari keseluruhan hidup Anda. Tinggi rendahnya motivasi diri Anda, ditentukan dari bagaimana Anda memandang penting tidaknya hari ini.
Pada saat seseorang berhadapan dengan alternatif untuk menjadi seorang yang optimis atau pesimis, sesungguhnya dia sedang memutuskan sesuatu yang "besar". Sebab, satu dari dua alternatif yang dipilih itu akan menentukan apakah orang tersebut akan merasa termotivasi atau akan berada dalam situasi dan kondisi yang demotivasi. Penggambaran yang gamblang tentang apa sebetulnya tujuan yang ingin dicapai merupakan modal awal yang sangat berharga. Sebab untuk benar-benar membuat diri dan kehidupan kita hidup, langkah kongkret mesti diambil. Kreasi baru dapat dilakukan bila motivasi sudah merajuk dalam jiwa. Seperti air mengalir, akan pindah dari suatu tempat ketempat lain.

Kiat-kiat yang dapat membantu Anda yang ingin agar dirinya memahami, apa sebetulnya yang bisa Anda lakukan.

1. Ciptakan Visi
Ciptakan sesuatu yang dapat "membangunkan" kita saat pagi menjelang. Sesuatu yang membangkitkan gairah hidup itu adalah visi. Visi harus dibentuk dan diciptakan dan jangan ditunda. Visi yang sudah Anda tetapkan boleh saja dirubah tapi jangan pernah berpikir untuk kosong dan tidak memiliki visi.

2. Jauhi Keinginan Bersenang-senang
Bergembira untuk melepas lelah dan kepenatan tidak dilarang karena sangat diperlukan untuk membuat fisik dan mental Anda rileks sehingga tantangan berikutnya dapat dihadapi dengan lebih siap, tapi jangan hidup dalam budaya bersenang-senang terus.

3. Gunakan Perangkat yang Tepat
Dalam keadaan gembira, unsur-unsur kimia dalam tubuh berubah dan membuat motivasi serta energi seperti diperbaharui. Tapi, jangan terjebak mencari kegembiraan "di luar" diri Anda, sebab kegembiraan itu belum tentu ada disana, dia ada dalam diri Anda. Carilah yang cocok untuk merasa gembira sehingga mampu menggairahkan motivasi Anda.

4. Kembangkan terus Tujuan Anda
Apa yang tidak mereka capai sesungguhnya disebabkan perumusan tujuan hidupnya dirumuskan sangat sederhana, atau terlalu samar. Akibatnya? Mereka tidak memiliki kekuatan. Padahal untuk mencapai sesuatu kita mesti tertantang untuk mengeluarkan kekuatan yang sebenarnya.. Yang membuat motivasi kita bangkit sebetulnya adalah perumusan target yang besar tapi spesifik.

5. Tetapkan Saat Kematian
Anda boleh bahkan perlu memikirkan saat kematian datang meskipun gejala kearah itu belum tampak jelas. Mampu membayangkan saat-saat terakhir hidup, sesungguhnya merupakan saat-saat yang penuh sensasi. Anda dapat membayangkan bagaimana masa-masa menjadi anak, lalu bagaimana mulai tampil sebagai pribadi yang memiliki kreasi besar.

6. Tinggalkan Teman yang Tidak Perlu
Secara perlahan-lahan tinggalkan teman-teman yang memang tidak dapat mendorong Anda mencapai tujuan hidup. Sebab, siapapun teman yang Anda gauli, seharusnya mampu menghadirkan perubahan. Hidup bersama dengan orang yang optimis sellu membuat kita berpikir, kemungkinan-kemungkinan tidak pernah tertutup.

7. Dekati Rasa Takut
Sisi lain rasa takut adalah rasa aman dan keberuntungan. Pada saat dapat mengatasi rasa takut, saat itu Anda berhasil meningkatkan keyakinan diri bahwa Anda memiliki kemampuan untuk menjadikan hidup lebih baik.. Jika perasaan takut ini muncul, pejamkan mata seolah-olah takut itu tidak pernah ada.

8. Membuat Jadwal Comeback
Upaya untuk pencapaian target tidak selamanya berupa jalan lurus, bisa jadi berliku, tanjakannya tinggi, turunannya sedikit. Meski begitu Anda tetap dapat merencanakan. Ambil kalender, tentukan saat merenung serta menyembuhkan diri. Bagi Anda yang sedang dalam posisi aman dan menguntungkan, langkah ini perlu juga diambil. Melakukan pembaharuan pada saat berada di atas, baik sekali. Rencanakan untuk menjauhi hal-hal tertentu, termasuk mungkin yang selama ini paling Anda sukai. Bila kelak Anda sampai pada saat yang menyenangkan itu lagi, rasanya akan lebih nikmat, sebab Anda sudah dalam kondisi diperbaharui.

9. Ucapkan "Selamat Datang" pada Setiap Masalah
Setiap jalan keluar mengandung masalah baru. Bila kita memandang masalah sebagai kutukan, kita akan merasa makin sulit termotivasi. Sebaliknya bila kita selalu siap akan munculnya sebuah masalah, kita sudah menyisakan energi sehingga motivasi tetap tinggi.

10. Awali dengan Rasa Senang
Banyak orang baru merasa senang bila target yang ditetapkan tercapai. Tetapi, bukan tidak mungkin keberhasilan itu tidak pernah datang. Dalam kondisi demikian Anda harus berhasil menjelaskan bahwa apa yang belum Anda capai itu bukan hasil dari kekuatan atau kemampuan Anda. Dengan begitu, Anda akan selalu merasa bahagia pada setiap langkah perjalanan karier atau hidup.

11. Berlatih dengan Keras
Anda ingat sebuah lagu yang dibawakan oleh Achmad Albar "Dunia ini adalah Panggung Sandiwara" .Kita harus berlatih terus bila ingin berperan dengan baik. Prinsipnya tidak ada yang tidak dapat kita hadapi kalau pada masa depan ternyata kita mampu mengatasinya. Semakin giat berlatih semakin mudah pula mengatasi setiap "adegan". Ingatlah sebuah peribahasa: "berakit-rakit dahulu, berenang-renang ketepian".

12. Membuka Masa Depan
Tugas kita pada saat kini adalah berlatih dengan penuh konsentrasi. Kita tidak hidup di masa lalu dan di masa mendatang. Fokuslah pada apa yang harus kita lakukan atau menetapkan tujuan. Buatlah moto "kini dan di sini" (right here and now) .

13. Kembangkan Permainan
Hikmah dari sebuah permainan, selalu ada yang lebih baik dari kita. Kalau kita berpacu untuk mengalahkan sesesorang, sesungguhnya kita sedang "memanggil" sesuatu yang lebih atau kuat dari dalam diri kita. Ingatlah bukan bagaimana lebih baik dibanding orang lain, tapi jadilah lebih baik diandingkan diri sendiri.

14. Lihat ke Dalam Diri Anda
Banyak dari kita menunggu penilaian diri dari orang lain. Memang baik selama masukannya positif. Namun bila berlangsung terus, kita sebetulnya dalam keadaan bahaya, sebab panggambaran diri kita jadi tergantung pada penilaian orang lain. Lihatlah ke dalam dan ciptakan sendiri ke dalam dan ciptakan sendiri kesan yang Anda inginkan tentang diri Anda.

15. Berangkat Perang.
Untuk berperang kita tidak perlu menunggu datang bencana. Ciptakan sendiri tantangan yang dapat membuat Anda mengeluarkan kemampuan terbaik. Joan of Arc pernah berujar: "setiap perang muncul memiliki dua kemungkinan; akan Anda menangkan, atau sebaliknya, tidak pernah anda pikirkan sebelumnya.

16. Ciptakan Perubahan Sekecil Apapun
Kalau ingin jadi pelukis, konsekuensinya Anda tidak boleh gemetar memegang kuas. Percayalah bahwa hal-hal kecilpun terasa menarik bila dikerjakan dengan cara yang berbeda. Tidak ada yang sia-sia dari sebuah perubahan, meskipun kecil.

17. Lakukan dengan Cara Konyol
Kadang-kadang kita tidak mengerjakan sesuatu karena takut tidak mampu melakukan dengan baik atau beralasan "sedang menunggu ilham". Ini tidak boleh dibiarkan berlarut-larut. Bila merasa tidak termotivasi padahal anda perlu melakukan sesuatu, kerjakan dengan cara konyol (badly). Nikmati setiap bagian pekerjaan yang Anda lalui.

18. Biasakan bertanya
Pada saat bertanya tentang sesuatu, bayangkan seuah pemikiran kritis, "apakah kita tidak bisa melakukannya dengan lebih kreatif? Jangan pernah puas dengan apa yang Anda lihat, munculkan sikap menolak dengan tujuan membuat Anda lebih kreatif.

19. Biarkan Berjalan.
Biarkan motivasi diri berkembang dan hilangkan rasa grogi serta keraguan, dengan begitu Anda akan segera menemukan perkembangan.

20. Curahkan Seluruh Kehidupan Anda Hari Ini
Hari ini merupakan bentuk mini dari keseluruhan hidup Anda. Motivasi diri ditentukan dari bagaimana kita memandang penting tidaknya hari ini.
Semoga bermanfaat...

sumber: www.wikipedia.com
Read More..

Jumat, 05 Februari 2010

About Me ( dari Bu Annie)

Diposting oleh Ayoe Ritma di Jumat, Februari 05, 2010 12 komentar
Dah lama gak buka-buka blog eh ternyata kangen juga...
Pas buka dapat kiriman tag dari Bu Annie, wah udah az langsung coba dilaksanakan... Seperti yang Bu Annie bilang semoga melalui tag ini sahabat semua dapat semakin mengenal saya... "tak kenal maka tak sayang" hehhe

1. Where is your cell phone?
Kebiasaan sich nyimpen disaku jaket.

2. Relationship?
Relationship apanya nich??? klo status relationship sich.. saya masih sendiri hehehe

3. Your hair?
Berjilbab, jadi hanya keluarga dekat yang tahu.

4. Work?
Pustakawan & guru

5. Your sisters?
dua orang adik, yang satu SMA kelas 3 yang satu SMP kelas 3

6. Your favorit thing?
Membaca, chat

7. Your dream last night?
Mimpi dikhitbah hehehe..

8. Your favorit drink?
Saya suka minum air bening.

9. Your dream car?
BMW az dech...heheh

10. Your shoes?
gak liat merk sich... yang penting nyaman dikaki

11. Your fears?
Saya paling takut mendapat murka kasih sayang Allah swt. Naudzubillahi min dzalik ...

12. What do you want to be in 10 years?
Selalu menjadi dan meberi yang terbaik buat orang - orang disekitar saya, memberangkatkan orang tua ke Tanah Suci..
10 tahun kedepan harus dah berkeluarga dan punya anak hehe

13. Who did you hang out with last week?
Sama seperti Bu Annie kumpul sama anak-anak di sekolah (tempat kerja) mengisi acara Pelatihan Dasar Jurnalistik untuk Siswa

14. What are you not good at?
apa yach.... hmmm...belajar bisnis... waduuuuh susah banget..
Berbisnis bukannya untung malah buntung heheh gak ada bakat kayanya..

15. One of your wish list item?
Memberangkatkan orang tua Ibadah haji. Amiiin ya Allah


16. Where you grew up?
Lahir, tumbuh, dibesarkan di Garut

17. Last thing you did?
Chat di FB and YM

18. What are you wearing?
Seragam Pramuka soalnya hari jum'at

19. Your computer?
Acer

20. Your pet?
Tidak punya

21. Your life?
Menikmati masa sendiri dengan memberikan yang terbaik buat orang-orang terdekat.

22. Missing ?
bingung missing dalm hal apa nich???


23. What are you thinking right now?
Sedang berusaha untuk menghapus bayangan "nya"

24. Your car?
Belum punya

25. Your kitchen?
menyatu dengan ruang makan... antara kamar aku dan kamar mandi.

26. Your favorit color?
hijau dan soft colour

27. Last time you laugh?
Tadi malam saat chat di mig33 bareng anak-anak rum bandungberlope

28. Last time you cried?
desember

29. Love?
Cinta bagiku adalah kekuatan yang bisa membuat sesuatu indah.

30. So who wants to share their ONEs? how about?
"ID"

31. Person elected to the tag (tag ini saya wariskan kepada) Sepertinya yang lain sudah dapat, jadi buat sobatku yang berdua ini saja :

Read More..

Rabu, 20 Januari 2010

Sendiri di Dekat mu

Diposting oleh Ayoe Ritma di Rabu, Januari 20, 2010 5 komentar
Kini ku sendiri
Hampa ku rasa di dalam bara
Mengapa kau ciptakan tulisan dengan tanganmu??
Bila kau sebagai perusak!
Tunduk aku dalam pandangmu
Ciptalah engkau berdiam dalam palsu
Karena ratapku kau berperhati
Mengapa tak kau buang redam asa yang mengulitimu
Salahkan aku bila rubah dalam anganku
Bila jauh berada dalam tempatku
Sehingga apa bisa ku dalam cinta
Kuseret sebongkah hati namun meradang dalam bisuku
Apa lagi yang bisa aku lakukan?
Bukankah buntu pikiranku dalam duniamu.

Read More..

Jumat, 15 Januari 2010

Unique

Diposting oleh Ayoe Ritma di Jumat, Januari 15, 2010 11 komentar
Baru kali ini aku menemukan orang seperti kamu… Kamu kok Unik sich???????

Maha besar Allah yang telah menciptakan manusia dalam bentuk yang tidak sama. Banyaknya jumlah pendudukdunia, sebanyak itu pula bentuk yang Allah ciptakan. Semuanya memiliki keunikan tersendiri. Semua tidak akan sama, termasuk kembar identik sekalipun tidaklah sama.
Saat menyadari diri kita di dunia ini, itu wajib kita syukuri dg menerima apa adanya, sebagai bentuk penghormatan dan rasa syukur diri.
Jika kita mensyukuri dan senang pada diri kita, kita tidak akan merasa kekurangan. Tapi harus – hati kesenangan dan kebanggaan yang berlebihan dapat menjerumuskan kita pada kesombongan…
Keunikan yg dimiliki adalah kelebihan yang bisa menjadikan kita berada pada kemuliaan atau kah kenistaan. Kita tidak perlu berpura-pura untuk menjadi orang lain, kepura-puraan akan sangat melelahkan.
Mengenali keunikan diri dapat membantu memahami dan meng hargai diri sendiri dan kita akan sangat mencintai Sang Pencipta atas segala Karunia dan KebesaranNya.
Read More..
 

Persahabatan Latansa Copyright © 2009 Paper Girl is Designed by Ipietoon Sponsored by Online Business Journal