Jumat, 11 Juni 2010

Pemimpin oh Pemimpin.....

Diposting oleh Ayoe Ritma di Jumat, Juni 11, 2010
Pemimpin adalah orang tertinggi dalam satu kelompok. disebut memimpin berarti ada yang dipimpin. ada bawahan yang akan bekerja sama untuk mencapai tujuan yang telah disepakati.
Jabatan pemimpin adalah sebuah amanah. pekerjaan seorang pemimpin merupakan amal shaleh, tentu saja jika ikhlas melakukannya. karena memimpin adalah amanah, maka seorang pemimpin tidak berhak menjadikan kelompok yang dipimpinnya sebagai hak pribadi, sehingga perlu dan wajib untuk memperlakukan kelompoknya tersebut sesuai kehendaknya atau merasa berhak mengorbankan bawahannya dengan berlindung atas nama penyelamatan kelompok.
menjadi pemimpin bukan berarti anti kritik. Bukan pula harus merasa benar sendiri. Sehingga anekdot dalam kepemimpinan akhirnya berlaku: Pemimpin tidak pernah salah. Jika pemimpin bersalah, kembali pada pernyataan pertama...(aduuh egois yach???)
Sungguh sangat menggelikan dengan pernyataan tersebut. Kepemimpinan yang baik bukan berarti tanpa cela dan kesalahan. Pemimpin yang baik bukan berarti selalu benar, Pemimpin adalah manusia biasa, sebagai manusia biasa yang tak sempurna, maih ada celah untuk salah dan lupa. Jadi ada baiknya mendengarkan masukan dan saran bahkan mungkin juga keluhan dan harapan dari bawahan, tak ada salahnya kan??Jika sebagai pemimpin yang mengharapkan ketaatan yang kritis yang cerdas dari bawahannya, bukan ketaatan yang mengkhawatirkan, maka tentunya harus memberikan teladan yang baik kepada bawahannya. bagaimanapun juga, pemimpinlah yang seharusnya dan punya kewajiban memberikan teladan, karena seorang pemimpin lebih mungkin dijadikan teladan. seorang yang memimpin pasti pada umumnya lebih baik dari orang kebanyakan. lebih baik semangatnya, lebih baik ilmunya, lebih baik kesabarannya dan lebih baik pula segalanya.
Seorang pemimpin dikatakan telah gagal dan kepemimpinannya dikategorikan mengkhawatirkan adalah ketika seorang pemimpin tak mampu memimpin bawahannya. bahkan lebih memilih bermusuhan dengan bawahannya yang berbeda sikap dan pendapat dengannya, ketimbang berusaha duduk bersama dan melakukan dengar pendapat dengan bawahannya yang bersebrangan itu.

Seorang bawahan bukan hanya ingin bersama tapi juga bersatu, bukan hanya ingin dianggap bilangan tapi juga diperhitungkan...

5 komentar on "Pemimpin oh Pemimpin....."

senja on Jumat, 11 Juni, 2010 mengatakan...

suka banget alinea terakhirnya mba,...benar,seorang bawahan tentu saja ingin diperhitungkan juga.

tidak hanya mendapatkan perintah tentu saja ^^

ajeng on Sabtu, 12 Juni, 2010 mengatakan...

Pagi mbak Ritma, maaf juga baru silaturahmi.
Jadi melirik diri sendiri, adakah saya itu sudah menjadi pemimpin yg baik? Setidaknya untuk diri sendiri.. "By learning to obey we know to command"

ajeng on Sabtu, 12 Juni, 2010 mengatakan...

Mbak datang lagi.. Maaf,shoutchampnya itu kadang membuat error,jadi lebih baik dihilangkan saja. Beberapa teman sudah menghapus shoutcamp itu. Maaf ya mbak..

Ritma on Sabtu, 12 Juni, 2010 mengatakan...

@Senja:iya mbak, kadang-kadang pemi sekarang tidak memperhitungkan bawahannya, yang ada malah tangan diktatornya yg selalu berkuasa...

@Ajeng: makasih mbak, but kunjungn dan masukannya.. iya aku mo hapus choutcampnya, mo ganti , bagusnya pake apa yach???

Elsa on Sabtu, 12 Juni, 2010 mengatakan...

yup, meskipun bawahan, gak berarti harus punya mental bawah juga
kadang bawahan yang punya inisiatif dan kreatifitas bagus, lebih keren tuh...

Posting Komentar

Terimakasih buat sahabat dah mau mampir di rumahku... (^_^)

 

Persahabatan Latansa Copyright © 2009 Paper Girl is Designed by Ipietoon Sponsored by Online Business Journal