Selasa, 24 November 2009

“…..Tetapi Cinta Itu KaruniaNYa”

Diposting oleh Ayoe Ritma di Selasa, November 24, 2009
Cinta tidak lepas dari air mana, begitu pula dengan air mata, ia merelakan dirinya lantaran terharu akibat kerbau atau ikan yang dihadiahkan oleh cinta. Cinta akan terasa lebih indah apabila dalam keadaan derita dan air mata (terry Moore)

Walau pun sangat akrab di telinga kita, kata cinta masih terlalu sulit untuk dijelaskan. Kata yang berawalan “C” alias cinta dilihat dari sudut manapun selalu menarik untuk dibahas dalam kehidupan kita, tapi tak seorang pun tahu apa itu cinta. Setiap orang pasti memiliki definisi tersendiri atas kata tersebut. Selain itu cinta pulalah yang dapat merubah seseorang secara drastis.
Ribuan bahkan jutaan orang membicarakan cinta dari berbagai perspektifnya. Peran cinta dalam kehidupan tidak lagi diragukan pentingnya. Cinta diyakini sebagai dasar dari perdamaian, kebahagiaan dan ketenangan. Namun apa sesungguhnya cinta itu???
Betapa sulit menemukan makna yang sesungguhnya. Belum pernah saya menemukan rumusan tentang cinta yang singkat padat dan jelas. Belumpernah saya menemukan rumusan tentang cinta yang singkat, padat dan jelas.
Jalarudin Rumi pernah mengatakan bahwa cinta itu misteri tak ada kata- kata yang bisa mewakili kedalamannya.
“cinta adalah sebuah samudra yang kedalamannya tak terukur . cinta tak dapat dirumuskan dalam belajar dan ilmu pengetahuan, buku-buku dan lembaran – lembaran halaman. Apa yang engkau katakan atau dengarkan tentang cinta itu adalah kulitnya. Intisari cinta adalah misteri yang tak dapat kau buka.”
Cinta, ruh yang mengalir lembut, menyenangkan, bersinar jernih dan ceria. Terkadang juga bermanifestasi menjadi luh yang mengalir lembut, menyesakkan, berderai, jernih dan badai..
Tak pernah ia dihukum haram. Karena dia bukan virus yang memberikan penyakit pada jiwa seperti yang sering kita salah tafsirkan. Justru cinta, adalah makhluk Allah yang harus dijaga kesehatannya dari setiap penyakit yang mencoba menungganginya. Penyakit yang datang dari syaitan, syahwat, maupun syubhat.
Seperti bunga, cinta sejati takkan mampu menyembunyikan semerbak wanginya. Eksistensi cinta menjelma dalam kelembutan, kecerdasan, perbaikan diri, kesalihan dan tentu juga keikhlasan.
Tanpa keikhlasan yang digantungkan pada Pemilik “Arsyi Maha Tinggi, ia akan mati. Ia mati, persis seperti setangkai mawar yang dipotong hanya untuk dipersembahkan pada kekasih.
Pastinya engkau tahu apa makna keikhlasan dalam setiap amal. Dan ketidaktahuan adalah isyarat agar kita mengkaji. Cinta yang tercabut dari tangkai keikhlasan akan menjadi bunga potong yang mungkin sesaat merona, dan selanjutnya masuk ke tempat sampah.

6 komentar on "“…..Tetapi Cinta Itu KaruniaNYa”"

Elsa on Selasa, 24 November, 2009 mengatakan...

i wanna know what love is...
sampe sekarang gak ngerti. hehehehe
terima kasih sudah dibahas disini. jadi sedikit agak mengerti

NURA on Selasa, 24 November, 2009 mengatakan...

salam sobat
ya setuju dengan tulisan mba RITMA..
cinta akan terasa indah kalau dalam keadaan derita dan air mata,,serta bahagia.
karena cinta itu karunia ILLAHI.

Je Blog on Selasa, 24 November, 2009 mengatakan...

Dijaman Seperti Sekarang Cinta itu bkn sesuatu yg luar biasa tetapi sesuatu yg biasa untuk di ucapkan,

Kadang seperti sebuah permainan, terkadang hanya nafsu belaka.

memang cinta membuat org terjebak dalam fantasi-fantasi indah namun bs jg terjebak dalam kesedihan...

Erikson on Selasa, 24 November, 2009 mengatakan...

cinta itu kekuatan, cinta itu alasan untuk pengorbanan, cinta anak pada orang tua, cinta suami pada istri misalnya :) dan terutama cinta hamba pada ALLAH.SWT

albertus goentoer tjahjadi on Selasa, 24 November, 2009 mengatakan...

setuju mbak... cinta emang teramat dalam dan teramat luas untuk didefinisikan karena cinta itu adalah awal dari segalanya... karena cinta itulah dunia dan segala isinya itu ada, tumbuh, berkembang... karena cinta itu pula semuanya akan kembali ke pangkuanNya... salam kasih..

annie on Rabu, 25 November, 2009 mengatakan...

dalam keadaan apapun cinta selalu tak mampu dilukiskan karena ia ada di tataran rasa tak terdefinisikan tapi nyata ada.

Posting Komentar

Terimakasih buat sahabat dah mau mampir di rumahku... (^_^)

 

Persahabatan Latansa Copyright © 2009 Paper Girl is Designed by Ipietoon Sponsored by Online Business Journal