Senin, 15 Agustus 2011

BAGAIMANA KUPU-KUPU MENEMUKAN JALANNYA?

Diposting oleh Ayoe Ritma di Senin, Agustus 15, 2011
Dalam zona beriklim sedang, ada beberapa daerah di mana terdapat bunga-bunga bagi kupu-kupu untuk menghisapnya, sehingga serangga indah kecil ini harus bermigrasi untuk mencari makanannya yang terbaik. Mereka akan terbang dalam garis lurus ke padang rumput yang berbunga-bunga, tapi setibanya di sana mereka mengubah perilaku mereka dan bertindak seolah-olah mereka tinggal di sana. Mereka menghisap bunga-bunga, kawin, dan kupu betina akan bertelur. Tapi hidup mereka yang indah di padang rumput hanya berlangsung dalam waktu singkat. Dalam beberapa menit atau beberapa hari,kupu-kupu meninggalkan padang pasir.

Kupu-kupu bermigrasi hanya pada waktu-waktu terpanas di siang hari dan hanya ketika matahari bersinar. Ketika matahari berada pada saat yang paling cerah, mereka membentangkan sayap ke sudut cakrawala. Sebagai sudut perubahan Matahari, mereka mempertahankan sudut yang sama kearah cakrawala. Karena sudut ini tetap konstan, arah mereka bergerak sekitar 15 derajat dalam satu jam. Species kupu-kupu di zona beriklim sedang, berbeda dengan kupu-kupu tropis. Kupu-kupu tropis tidak mengubah arah migrasi mereka sepanjang hari.


Seekor kupu-kupu menuju ke arah timur di pagi hari masih akan terbang ke timur saat malam tiba. Pada awal perjalanan, mengambil arah dari Matahari, tetapi tidak berikutnya yang kemudian mengikuti arah perubahan posisi matahari. Akibatnya, kupu-kupu harus tahu tentang perubahan posisi Matahari, dan jika ia mengubah arahnya sendiri, ia akan tiba di tempat yang salah. Ia juga harus tahu tujuan yang benar atau salah untuk dirinya sendiri, dan arah mana yang akan ditempuh dengan benar. Setiap kupu-kupu memiliki semua pengetahuan ini tetapi dengan ini saja tidak cukup. Setiap kupu-kupu harus mengevaluasi lokasi dan membuat keputusan. Tentu tidak rasional berpikir bahwa semua ini tergantung pada kemampuan kupu-kupu kecil untuk menilai. Kenyataannya adalah bahwa Allah telah menciptakan semua karakteristik yang mereka butuhkan untuk melanjutkan kelangsungan hidup mereka. Bahkan kompas saku yang paling tahan lama pun akan kehilangan sensitivitasnya dari waktu ke waktu karena efek elektromagnetik. Namun, kemampuan pencarian arah yang dimiliki kupu-kupu kecil ini,adalah sebuah aspek penting dari kehidupan mereka, tidak rusak oleh pengaruh eksternal dan tidak membiarkan mereka jatuh di tengah-tengah perjalanan mereka. Allah telah menciptakan semua bentuk kehidupan yang sempurna. Dalam sebuah ayat Al Qur'an, Allah mengungkapkan hal berikut mengenai makhluk-makhluk ciptaan-Nya:

Allah menciptakan setiap binatang dari air. Sebagian dari hewan itu berjalan di atas perutnya, sebagian berjalan dengan dua kaki, dan sebagian dengan empat kaki. Allah menciptakan apa yang Dia kehendaki. Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu. (QS. An-Nur, 45)

Sumber diambil dari Situs Harun Yahya

4 komentar on "BAGAIMANA KUPU-KUPU MENEMUKAN JALANNYA?"

Ajeng on Senin, 15 Agustus, 2011 mengatakan...

Subhanallah..

Ritma, apa kabar? Lama tidak silaturahmi kesini ^_^

ani rostiani on Senin, 15 Agustus, 2011 mengatakan...

Subhanallah ...
dan diantara penciptaan langit dan bumi serta segala isinya terdapat tanda-tanda kekuasaan Allah.
Nice post

Ayoe Ritma on Kamis, 18 Agustus, 2011 mengatakan...

@ Mbak Ajeng: alhamdulillah baik mbak... iya lama tak berjumpa biasa lagi kena penyakit males posting dan males jalan-jalan heheh

@Annie: Subhanallah... Allah Maha Kuasa menciptakan segala sesuatu penuh makna..

outbound malang on Rabu, 16 Mei, 2012 mengatakan...

kunjungan gan .,.
bagi" motivasi .,.
lakukanlah segala hal dengan keikhlasn .,.
di tunggu kunjungan balik.na gan.,.

Posting Komentar

Terimakasih buat sahabat dah mau mampir di rumahku... (^_^)

 

Persahabatan Latansa Copyright © 2009 Paper Girl is Designed by Ipietoon Sponsored by Online Business Journal